Menu Utama

Kamis, 01 Agustus 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Pengertian Kompetensi Inti

Kompetensi Inti (KI) merupakan terjemahan atau operasionalisasi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan kedalam aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif dan ketrampilan (psikomotorik) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Pengertian Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

KI dan KD Mapel Prakarya dan Kewirausahaan

Berikut Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan didalam Kurikulum 2013.Klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar